Film Colonia, Satu titik sejarah kelam Chile


1442249046-colonia

Saya tertarik melihat film ini hanya karena di Emma Watson dijadikan posternya, sebagai pecinta Harry Potter tentu saja sangat kental dengan sosok ini yang dikenal luas berkat perannya sebagai Hermione Granger, awalnya saya melihat film Colonia mengira ini adalah sebuah film yang bercerita tentang alien-alien/zombie gitulah, karena ada juga film yang judulnya mirip The Colony ceritanya tentang koloni yang bersembunyi dari para zombie, setelah melihat ternyata ini adalah film sejarah dan berdasarkan kisah nyata.

Film Colonia berlatar pada jatuhnya Presiden Salvator Allende di Chile karena kudeta dari komandan militernya yang bernama Jenderal Pinochet (yang isunya dibantu oleh Richard Nixon sang Presiden Amerika dengan menyusupkan CIA kedalamnya). Berkisah tentang seorang aktivis bernama Daniel yang ditemui pacarnya seorang pramugari di sebuah maskapai Jerman, Lufthansa dan sedang berdemo untuk mendukung Salvator Allende yang dikecam oleh Amerika, Allende memang semasa pemerintahannya dikenal sangat nasionalis dan banyak perusahaan Amerika Serikat yang dinasionalisasi sehingga mendorong mereka untuk menjatuhkannya lewat kudeta militer Jenderal Pincochet yang kemudian memimpin Chile dari 1973-1990 (hampir seusia diktator Suharto)

Daniel yang merupakan aktivis pro Allende akhirnya ditangkap dan disiksa dalam sebuah tempat terpencil di Chile selatan yang disebut Colonia Dignidad, berdasarkan bantuan pihak Amnesti International, Lena pacar Daniel tersebut masuk ke tempat tersebut dalam upaya ngebebasin pacarnya itu

Film ini menceritakan model-model penyiksaan kediktatoran militer yang dibungkus oleh sebuah sekte keagamaan yang dipimpin oleh Paul Schaffer, bagaimana upaya dari Daniel dan Lena bertahan ditempat tersebut selama 134 hari, melakukan aktivitas penyiksaan fisik mengatasnamakan pengabdian kepada Tuhan, secara utuh diceritakan walaupun cuma sepotong-sepotong begitu juga dengan pedofilianya seorang Paul Schafer (di tahun 2006 ditahan karena kasus pelecehan seksual )

Yang masih menjadi pertanyaan saya, di awal film ketika Lena dan Daniel berada di Chile mereka berada dalam satu kelompok Pro Allende akan tetapi ketika ditangkap seolah-olah Daniel ini bekerja sendiri serta ketika Lena dan Daniel dibawah kelapangan luas untuk dipilah mana yang pendukung dan mana yang bukan, ada satu sosok yang ditutup wajahnya dan menjadi saksi untuk memilih pendukung-pendukung Allende, dan ketika Lena meminta tolong pada teman-teman Daniel untuk membantu mencari kekasihnya mereka banyak yang mundur dan ingin bersembunyi saja, kontradiktif sekali dengan jiwa revolusioner yang ditampilkan awal-awalnya, bukan apa-apa tapi terkesan yang membocorkan itu adalah teman-teman Daniel sendiri.

Melihat film ini sebenarnya saya agak ngeri, ditahun 1998 mungkin banyak yang kayak gini, Widji Thukul tiba-tiba hilang dan belum ketemu mayatnya sampai saat ini, mungkin dikubur dalam tempat-tempat seperti Colonia Dignidad versi Indonesia, tapi tentu saja kita tidak tahu dimanaa tepatnya.

Bagi yang aktivis, recomended banget melihat film ini.

14 comments

  1. Filmnya seru gan, apalagi pas melarikan diri lewat bawah tanah,,,waduh deg2an banget liatnya,

    ReplyDelete
  2. Emang mas... seru bangeet... makasih sudh mampir

    ReplyDelete
  3. reviewnya oke banget sejalan dengan yg saya rasakan waktu nonton ini..deg2an sepanjang film apalagi semua scene yang di aula sama gudang kentang, jadi bergidik kalo ngebayangin gimana rasanya jadi aktivis yg terang2an membelot rezim berkuasa hidupnya ga pernah tenang mungkin ya

    ReplyDelete
  4. Wah makasih mbak.. iyaa saya nonton ini juga smbil bayangin aktivis 98 yg diculikin gitu..

    Terima kasih sudh mampir mbak

    ReplyDelete
  5. Nice Movie ! Nilai 8 mungkin layak untuk film ini. Acting aktor dan Actressnya mampu "menyihir" penonton seakan terbawa dan merasakan emotion yg disalurkan para sineasnya. Good Film for today, yang uda terlalu sering di isi oleh film film sequel Superhero.

    ReplyDelete
  6. penasaran apakah adegan terakhir yg pesawatnya mengabaikan menara kontrol utk take off it berdasarkan kisah nyata

    ReplyDelete
  7. penasaran apakah di adegan terakhir flim yg pesawatnya mengabaikan menara kontrol utk take off it berdasarakan kisah nyataa

    ReplyDelete
  8. Memang kisah nyata mas.. itu kan psawat punya jerman juga... kalau sudah terbang gak mungkin chile berani macam2... makanya nekat

    ReplyDelete
  9. Iya mas... ini film terbaiknya Emma watson selain ssrial harpot

    ReplyDelete
  10. Iya mas.. ini minimal memang 8 skornya...

    Terima kasih sudah mampir

    ReplyDelete
  11. Baru saja saya nonton filmnya ... menegangkan
    Menegangkan pas berusaha kabur sampai berusaha ngejar pesawat
    Bener2 film menegangkan
    ngga nyangka ada orang yang sejahat itu di dunia
    pantes dihukum yang berat
    Terus terang saya baru tahu ada sejarah colonia di chile dari film tsb..ngeri Naudzubillahi min dzalik

    Terus saya salut dengan Lena sampai berkorban masuk ke colonia Demi menyelamatkan daniel.

    Perjuangan mereka patut diacungi dua jempol
    Semoga tidak ada lagi penjara seperti colonia

    ReplyDelete
  12. Mungkin penjara buat aktivis tapol yg hilang di Indo itu sepeerti itu...widji tukul mungkin hilangnya seperti itu ya :D

    ReplyDelete
  13. Abis nonton..Tegang banget.. ada setan wujud manusia..Paul Schafer

    ReplyDelete
  14. heheheh itu lah lebih banyak yang kayak gitu daripada wujud setan asli

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungan anda, tinggalkan komentar anda dan berikan kami masukan untuk kemajuan blog ini