The Big Short, rahasia keruntuhan keuangan Amerika Serikat di tahun 2008

Kalau banyak yang bertanya bagaimana negara adidaya seperti Amerika Serikat bisa colaps di 2008 mungkin film ini cocok bagi kamu, banyak orang berpendapat kejatuhan mereka pada tahun itu karena larinya banyak investor asing dari perdagangan saham mereka, memang betul tapi untuk mengetahui kenapa mereka menarik uang mereka secara bersamaan? film ini jawaban jelasnya.

TheBigShortCSHeader

Banyaknya istilah keuangan yang berat dan coba dijelaskan secara ringan oleh sutradaranya dengan muncul cameo-cameo menarik di tengah film membantu saya untuk paham film ini secara keseluruhan, bahwa bagaimana satu sistem obligasi saja dapat meruntukan keuangan sebuah negara.

Adalah Michael Burry yang menemukannya pertama kali, yang kemudian didengar dan dianalisis oleh Jared Vennet kemudian mempresentasikannnya kepada Mark Baum, dan Charlie dan James yang juga mendengar hal tersebut dan Ben Reckert seorang trader legendaris kemudian tertarik untuk membantu mereka, dan nama-nama tersebut adalah orang yang kemudian untung jutaan dollar dari keruntuhan sistem keuangan amerika.

Mengapa mereka untung? yaitu analisis mereka pada obligasi hipotek perumahan akan jatuh semakin besar di beberapa tahun mendatang, sistem keuangan bank yang kotor dalam memainkan produk keuangan yang mereka tangani juga memperburuk sistem ini, bahkan dalam satu sistem yang bernama CDO digambarkan dengan sangat jelas seperti sebuah ikan yang tidak laku dijual kemudian dicampur dalam sebuah masakan seafood, pembeli tidak tahu bahwa itu adalah ikan yang tidak laku dijual dan itulah sistem yang menjatuhkan Amerika.

Film ini benar-benar menggambarkan bobroknya sistem obligasi yang diciptakan oleh Lewis Ranieri, walaupun memang sejak kedatangan sistem tersebut para bankir mengalami masa kejayaannya dan ternyata itu adalah bom atom ditengah hingar bingar pesta para bankir yang berhasil menipu pembeli produk mereka dan bahkan ketika Michael  Burry mengambil paket kredit SWAP senilai 1,3 milyar dollar dan hanya akan untung ketika obligasi hipotek jatuh, para bankir menertawakannya dan menjilat tawa mereka kembali di tahun 2008.

Alur yang lengkap dan apalagi berdasarkan kisah nyata serta dimainkan oleh aktor-aktor kenamaan dalam satu film membuat film ini benar-benar lengkap dan nyata. Walaupun saya bukan warga amerika dan tidak merasakan kehilangan yang mereka rasakan saya tetap merasakan pedih yang sama melihat ending film ini. 8 juta orang kehilangan pekerjaan dan 6 juta orang kehilangan rumah mereka.

Buat kamu yang pengen jadi pialang saham, bankir, dan trader wajib banget nonton film ini supaya kalian bisa melihat gambarannya.

Selamat Menonton.

3 comments

  1. […] ini kalau saya melihatnya pun adalah gabungan teori dalam film The Big Short yang menceritakan kejatuhan Amerika dari sistem keuangan yang bernama CDS (Credit Default Swap) dan […]

    ReplyDelete
  2. […] yang pernah baca review saya tentang film The Big Short atau nonton langsung film ini adalah sejenis itu tapi bedanya ini adalah apa yang terjadi tentang […]

    ReplyDelete
  3. […] yang pernah baca review saya tentang film The Big Short atau nonton langsung film ini adalah sejenis itu tapi bedanya ini adalah apa yang terjadi tentang […]

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungan anda, tinggalkan komentar anda dan berikan kami masukan untuk kemajuan blog ini